debuyandi

SELAMAT DATANG DI PORTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM

Monday, 21 June 2021

Dewan Ajak Seluruh Masyarakat Memaknai Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Pancasila

Anggota DPRD Barsel Ensilawatika Wijaya 



BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Dewan ajak seluruh masyarakat memaknai nilai - nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila. Pasalnya, nilai - nilai Pancasila itu terdapat keragaman masyarakat Bangsa Indonesia. Karena didalam Pancasila itu terdapat pemikiran dan cita-cita luhur yang membuat persatuan dalam keberagaman itu sendiri.

"Semua itu tercermin dalam satu kalimat yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa, yaitu Bhineka Tunggal Ika," ucap Ketua Komisi ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ensilawatika Wijaya belum lama ini kepada awak media.

Menandai peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni tahun ini, politisi PDI-Perjuangan Barsel ini juga mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk memaknai kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila itu.

"Karena nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat luhur. Sudah seharusnya seluruh warga Indonesia mempelajari dan memaknainya kembali," tuturnya.

Para pendiri bangsa memahami dengan baik, keragaman yang terdapat pada Bangsa Indonesia. Mereka merumuskan Bhineka Tunggal Ika, yang bermakna berbeda-beda atau beragam tetapi tetap satu, yang menjadi slogan dan prinsip seluruh anak bangsa hingga saat ini.

"Bahwa tidak hanya makna yang terkandung dalam kalimat Bhineka Tunggal Ika yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia, namun kandungan nilai dalam sila-sila Pancasila memiliki keluhuran tersendiri yang perlu dipahami dan diterapkan seluruh warga Indonesia," imbuh Bendahara DPC PDI-Perjuangan Barsel ini lagi.

Anggota dewan yang terpilih pada Dapil ll Kabupaten Barsel ini menjelaskan, di tengah situasi sulit akibat dampak pandemik Covid-19 saat ini, hendaknya pula Pancasila dijadikan momentum untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Sebut saja seperti Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, lebih empati pada sesama manusia, semangat untuk saling membantu dan bersatu, bijaksana membangun kesejahteraan rakyat.

"Penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan bermartabat," demikian pungkas Ensilawatika Wijaya.(Amr/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

debuyandi
debuyandi
debuyandi
Back to Top