debuyandi

SELAMAT DATANG DI POLRTAL BERITA BARITORAYAPOST.COM | MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KE 19 | KABUPATEN MURUNG RAYA | 01 AGUSTUS 2002 - 2021

Sunday, 20 June 2021

Kasus Covid- 19 Melonjak, Pemkab dan TNI-Polri Gelar Vaksinasi Massal untuk Penuhi Target Sejuta Sehari


BARITORAYAPOST.COM (Cilacap) - Mengantisipasi lonjakan penyebaran covid-19 yang terus meningkat, Pemkab Cilacap bersama TNI-Polri, dalam hal ini Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, dan Polres Cilacap menggelar vaksinasi massal di GOR Wijayakusuma, Jalan Kendeng, Cilacap, Minggu (20/6/2021).

Vaksinasi massal ini guna mendukung program pemerintah terkait target cakupan vaksinasi covid-19 satu juta per hari. 

Untuk mencapai target vaksinasi covid-19 satu juta per hari, dilaksanakan percepatan vaksinasi melalui perluasan target sasaran pada kelompok usia 18 tahun ke atas.




Dan vaksinasi massal kali ini menggandeng berbagai kelompok masyarakat yakni dari Polri sebanyak 300 orang, PLN 200 orang, Bank Jateng Cabang Cilacap 181 orang, PT BPR BKK Jawa Tengah di Cilacap 162 orang, Rita Pasaraya 180 orang, PT Dharmapala Usaha Sukses Tbk 364 orang, Alfamart 200 orang, Bank BCA 135 orang. Sehingga total sasaran 1.722 orang.

Adapun pelayanan vaksinasi bekerja sama dengan tenaga kesehatan (nakes) dari Klinik Bhayangkara Polri, RSUD Cilacap, RS Santa Maria, RSI Fatimah, RS Pertamina Cilacap, RS An Nisa, RS Rumkitban, RS Aprilia, Klinik Medical Pertamina, dan RSU Aghisna Kroya.

Sementara, jumlah kasus positif aktif covid-19 sampai dengan 19 Juni 2021 tercatat 1.187 pasien, jumlah total 13.784 pasien, jumlah total sembuh 12.083 pasien, dan kasus meninggal 514 pasien. 






Sedangkan rumah sakit rujukan untuk penanganan covid-19 yaitu RSUD Cilacap, RSUD Majenang, RSU Duta Mulya, RS Pertamina Cilacap, RSU Raffa Majenang, RSI Fatimah, RSU Santa Maria, RSU Aghisna Kroya, RSU Aghisna Sidareja. 

Isolasi mandiri terpusat ada di RS Priscilla Medical Center Sampang dengan ketersediaan tempat tidur sebanyak 335, dipakai 206 (61 persen), dan kosong 129.

Bupati mengatakan, seperti diketahui bersama bahwa telah terjadi peningkatan penularan covid di berbagai daerah termasuk Kabupaten Cilacap, sehingga mendorng pemerintah melakukan percepatan vaksinasi.  

Program vaksinasi ini untuk mencegah penyebaran covid-19 dan meningkatkan imunitas tubuh masyarakat agar lebih kuat, sehingga tidak mudah terkontaminasi covid. 






"Guna mendukung tercapainya target vaksinasi tersebut pemerintah perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk di dalamnya TNI-Polri. Untuk itu, mari kita sukseskan program vaksinasi dan kegiatan ini akan terus dilakukan pada minggu depan," ujar Tatto.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap sehat dengan protokol kesehatan. "Jangan lupa selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," tandas Tatto.

Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Abdul Asis Lallo menjelaskan, terkait program vaksinasi massal di wilayah Kabupaten Cilacap yang saat ini diikuti 1.722 orang merupakan vaksinasi tahap 1 dengan sasaran utama lansia maupun pra lansia, juga masyarakat dengan berbagai latar belakang profesi termasuk keluarga besar TNI dan Polri. Secara teknis, pengaturan peserta vaksin sudah diatur untuk menghindari terjadinya kerumunan.






Kasdim menambahkan, kegiatan serupa akan dilaksanakan di tempat yang sama pada 28 hari ke depan untuk tahap 2. 

"Kami berharap peserta vaksinasi bisa menepati waktu guna tercapainya sasaran program ini, sehingga secara umum mampu menciptakan kekebalan secara komunitas, dan masyarakar terhindar dari penularan covid-19," tutur Kasdim.

Sementara Kapolres Cilacap mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3T, testing, tracing, dan treatment, serta 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dari air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (est/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

debuyandi
debuyandi
debuyandi

Populer Sepekan

Back to Top