SELAMAT DATANG DI PORTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM

Monday, 21 June 2021

Ketua Komisi III DPRD Barsel : Biasakan Membaca Berita pada Media Massa atau Online Hingga Selesai

Ketua Komisi III DPRD Barsel H Zainal Khairuddin

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) -  Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Haji (H) Zainal Khairuddin, mengajak masyarakat agar senantiasa membaca berita pada media massa atau online hingga selesai. 

Pasalnya, ketika mendalami isi informasi menjadi sebuah keharusan dan penyadaran yang harus dimiliki masyarakat dalam mengakses media massa atau media online, terutama mengenai isi pesan pada sebuah pemberitaan.

"Perkembangan arus informasi saat ini, melalui media massa maupun media online sudah sangat pesat, apalagi didukung dengan adanya sosial media yang membuat sebuah informasi tersebar dengan sangat cepat di kalangan masyarakat itu sendiri," kata politisi PPP Barsel itu kepada awak media belum lama ini.

Dirinya mencontohkan, terkadang masyarakat dalam menerima informasi atau berita melalui media online hanya melihat dari sisi judulnya saja, tanpa membaca isi berita didalamnya. 

"Perihal itu mengakibatkan informasi yang didapatkan menjadi minim, dan bahkan bisa salah kaprah dalam menyerap informasi pemberitaan itu sendiri," imbuh dia mencontohkan perihal dimaksud di atas.

Dilanjutkannya, seharusnya kemampuan literasi adalah hak asasi manusia untuk mendapatkan informasi yang dijamin oleh konstitusi. Terutama di era perkembangan arus informasi yang cepat dan pesat serta canggih saat ini.

"Terkadang Informasi yang tersebar itu bisa saja memiliki data yang tidak valid atau tidak akurat," tuturnya.

Seperti lanjut dia, informasi yang didapatkan adalah berita hoax yang kemudian dibagikan lagi ke orang lain tanpa melakukan cek dan ricek sebelumnya, terkait informasi yang didapat atau diterima tersebut.

"Oleh karena itu masyarakat ketika menerima informasi atau membaca berita pada media massa maupun media online hendaknya bacalah atau nontonlah sampai selesai. Setelah itu telaah kembali informasi yang didapat tersebut, terkait kebenarannya," demikian pungkasnya.(Amr/Red/BRP). 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top