SELAMAT DATANG DI POLTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM |

Thursday, 10 June 2021

Partai PDIP dan Dewan Gumas Akan Simulasi Penanganan Karhutla



Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Akerman Sahidar didampingi Pabung Kodim 1016/Plk Kapten Inf M Ayyuf dibincangi, Selasa (7/6).



BARITORAYAPOST. COM (Kuala Kurun) - Komitmen dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam membantu mengantisipasi  penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Sehingga terjaganya ekosistem, serta ancaman  bencana seperti Karhutla ini.


Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar mengatakan dengan adanya petunjuk dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan yakni Megawati Soekarno Putri. Maka partai berlambang banteng moncong putih ini akan laksanakan simulasi penanganan bencana Karhutla yang kerap terjadi.


“Sesuai rencana kita simulasi ini, akan dilaksanakan hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 di kantor BPBD Gumas, mengingat ketersediaan armada dan prasarana mereka serta cadangan air mendukung,” sebut Akerman, Selasa (8/6).


Lebih lanjut Akerman, menjadi tanggung jawab serta antisipasi bencana Karhutla yang kerap terjadi setiap tahun. Pihak dari Partai PDIP Kabupaten Gumas telah membentuk tim. Yang mana akan dilakukan seperti selayaknya penanganan di lapangan. 


“Kami juga sudah membentuk tim ada 15 orang,  kemudian mereka akan mempraktikkan di sana seperti memegang selang, cara menyambung selang, bagaimana cara menyiram api dan membuktikan bagaimana kemampuan di lapangan,” terangnya.


Selain itu yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan dari semua pihak, tidak hanya dari pemerintah. Tetapi peran aktif masyarakat sangat diperlukan saat musim kemarau dan ancaman karhutla itu.


“Ini semua harus dilakukan oleh kita masyarakat, agar bersama-sama menangani masalah karhutla yang setiap tahun menghantui hutan kita,” pungkas dia. (Cp/red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top