TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Dayeuhluhur Dibuka

BARITORAYAPOST.COM (Cilacap) – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman bersama Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi membuka secara resmi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (15/6/2021).
Pembukaan digelar di GOR Daya Loka Desa Dayeuhluhur dan ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan program TMMD dari Pemkab Cilacap kepada Kodim 0703 Cilacap.
Selain Wakil Bupati Cilacap dan Dandim 0703 Cilacap, juga hadir Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, perwakilan Forkopimda, Camat Dayeuhluhur Aji Pramono, Danramil 17 Dayeuhluhur Kapten Inf Agus Wantoro, Kapolsek Dayeuhluhur AKP Sukarmo, Kepala Desa Dayeuhluhur Razwa Zaenal Solihin, anggota Persit, Bhayangkari, dan tokoh masyarakat.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan dalam mengatasi persoalan-persoalan yang ada dalam masyarakat, seperti kemiskinan dan pembangunan infrastrukrur, Pemkab berkomitmen untuk menganggarkan APBD secara bertahap untuk menyelesaikan permasalahan infrastruktur, ekonomi, dan sosial lingkungan di masyarakat.
Karena itu, kegiatan TMMD ini menjadi support dan infus tambahan guna membantu masyarakat. “Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Dandim dan jajaran yang hadir di Desa Dayeuhluhur,” ujar wabup. 
Menurut wabup, tentu ini mempercepat pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap, mempercepat implementasi Bangga Mbangun Desa hampir di semua 4 pilar.
Pihaknya berharap kepada Kodim 0703 Cilacap semangat menjadi satu, manunggal membangun desa terus ada di wilayah Kabupaten Cilacap, dan membantu Pemkab dalam membangun Cilacap dan mengimplementasi program kebijakan Bangga Mbangun Desa.
Dandim Letkol Inf Andi Afandi menegaskan, para prajurit sudah siap di lapangan. Bahkan, kegiatan pra-TMMD sudah dimulai sejak awal. 
Kepada awak media, Dandim meyakinkan bahwa semua sasaran kegiatan TMMD yang ditargetkan akan selesai tepat waktu. 
“Tentu kegiatan TMMD ini tidak bisa hanya dilakukan oleh TNI. Semua harus saling bekerja sama dan bersinergi. Dalam susunan SSK, kami pun dibantu oleh anggota Polres Cilacap, Lanal, dan kita sama-sama mengawasi dan mengendalikan,” ungkap Dandim. 
Ia berharap harus ada yang diurai dalam rangkaian membangun di wilayah, dan menjadikan skala prioritas bagi kita bahwa TMMD ini menyambung dan lebih erat lagi. 
“Ke depan kita rencanakan dengan Forkopimda bahwa Cilacap ini harus ada getaran-getaran perubahan yang lebih nyata,” tegas Andi.

Terkait sasaran TMMD kali ini, diantaranya pengaspalan jalan sepanjang 1.700 x 2,5 meter, pembangunan talud 200 meter, pembangunan 1 unit MCK, dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 40 unit. 
Sedangkan kegiatan non fisik meliputi pelayanan vaksinasi covid-19, pembagian sertifikat tanah melalui program PTSL, sosialisasi protokol kesehatan, pelayanan KB oleh Dinas KB PP PA, serta pembuatan akta kelahiran gratis dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap.
Dalam pembukaan TMMD ini juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada warga. 
Bantuan tersebut yaitu rehab RTLH, peralatan olah raga, semen, Alquran, alat-alat pertanian seperti sabit, cangkul, dan cakar, akta kelahiran, kartu keluarga, KIA, benih ikan nila, kambing, pohon keras, pohon buah, dan sertifikat tanah. (est/Red/BRP)

Pos terkait