debuyandi

SELAMAT DATANG DI POLRTAL BERITA BARITORAYAPOST.COM | MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KE 19 | KABUPATEN MURUNG RAYA | 01 AGUSTUS 2002 - 2021

Saturday, 19 June 2021

Ziarah dan Tabur Bunga Menjelang Helat Sedekah Bumi

BARITORAYAPOST.COM (Cilacap) - Menjelang gelar adat sedekah bumi, Babinsa Karangtengah Serma Eko Widodo melakukan ziarah dan tabur bunga di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Karangtengah bersama perangkat desa, Jumat (18/6/2021).

Ziarah dan tabur bunga ini dipimpin langsung Kepala Desa Karangtengah Soehartono, dan diikuti Babinsa Serma Eko Widodo, Ketua BPD Karangtengah Suharto, serta seluruh perangkat Desa Karangtengah.

Sasaran ziarah yaitu makam tokoh masyarakat, makam mantan kepala desa, makam sesepuh desa, dan perangkat Desa Karangtengah. Termasuk para pejuang kemerdekaan yang dimakamkan di desa tersebut.





Usai ziarah dan tabur bunga, dilanjutkan dengan sedekah bumi atau syukuran yang dilakukan seluruh warga Desa Karangtengah, dimana kegiatan dilaksanakan di dusun masing-masing.

Serma Eko Widodo menuturkan, sedekah bumi sudah menjadi tradisi tahunan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa hasil bumi. Sekaligus doa permohonan masyarakat Desa Karangtengah agar diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala atau wabah pandemi yang sedang melanda Indonesia saat ini.

Sementara, Kepala Desa Karangtengah Soehartono mengatakan, sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar. Walaupun dilaksanakan di tengah situasi pandemi, adat turun-temurun tersebut harus tetap dilaksanakan.






Pelaksanaan sedekah bumi kali ini sangat berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. Hal ini karena pandemi covid-19 belum berakhir. 

"Agar tidak terjadi kerumunan massa, sedekah bumi kali ini dilakukan di setiap lingkungan RT," terang kepala desa. (est/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

debuyandi
debuyandi
debuyandi

Populer Sepekan

Back to Top