Dewan Sampaikan Dari 35 Miliar Serapan Anggaran Covid-19 Masih 20,6 Miliar Lebih Yang Belum Terealisasi, Ini Penjelasannya!

BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Penggunaan anggaran untuk dana Covid-19 masih banyak yang belum terealisasi. Diketahui bahwa anggaran yang diperuntukan untuk penanganan Covid-19 sebesar 35 miliar dan terserap sebanyak 14,4 miliar, jauh dari setengah penggunaan dari yang belum terealisasi sebesar 20,6 miliar.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, Nur Sulistio kepada wartawan usai rapat kerja dengan pihak Pemerintah daerah (Pemda) terkait pembahasan perubahan anggaran di ruang rapat, Selasa (27/07/2021).

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan pembicaraan awal berkaitan dengan perubahan anggaran dari Pagu anggaran yang tercantum,” ucap ketua DPRD Bartim.

Politisi dari partai Golkar ini juga mengungkapkan bahwa dana Covid-19 masih belum maksimal terserap dan lasih banyak yang belum terealisasi.

“Anggaran yang sebelumnya ada 35 miliar, itu terserap ada 14,4 miliar sehingga ada Pagu anggaran yang belum terealisasi sampai saat ini adalah sebesar 20,6 miliar namun penjelasan dari pihak pemerintah daerah sudah ada yang masuk kedalam pengajuan masih tahapan review untuk dibayarkan,”ungkap Nur Sulistio.

Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk penanganan Covid-19 berasal dari Bantuan Tak Terduga (BTT). Karena  Pagu anggaran untuk BTT penanganan covid 19 ada di BTT, lanjutnya.

“Pada intinya dewan sendiri mendorong untuk penggunaan anggaran yang tepat supaya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama penyesuaian anggaran di APBD perubahan,” terangnya.

Diteruskan Nur Sulistio, secara umum sudah mereka sampaikan kurang lebih ada 30 SKPD yang melakukan penyesuaian anggaran karena terdampak rekofusing kemarin, ataupun ada penyesuaian untuk ditambahkan di perubahan.

“Nanti saat rapat kerjakan kita kupas lebih detail antara SKPD per program anggaran dan ini akan berlanjut karena tadi mereka menyampaikan kebijakan umumnya saja,” pungkasnya (YCP/Red)


banner 728x250

Pos terkait