DPC PATELKI Manokwari Gelar Musyawarah Cabang ke-III Bahas Evaluasi Kinerja Selama Periode Sebelumnya

BARITORAYAPOST.COM (Manokwari) – Dewan Perwakilan Cabang Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (DPC PATELKI) Kabupaten Manokwari, menggelar musyawarah cabang ke-III, Sabtu (3/7/2021), di aula Oriestom Bay, Manokwari, Papua Barat.

Dalam musyawarah yang bertemakan “Peningkatan Kualitas Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Pada Laboratorium di Era Pandemi Covid-19” ini di buka secara langsung yang ditandai dengan penabuhan tifa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari yang diwakilkan oleh Wilhelmina Liborang, S.E., SKM., (Kabid Pelayanan Kesehatan Kabupaten Manokwari).




Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa visi PATELKI adalah menjadi organisasi analis kesehatan yang mandiri, profesional, peduli sesama serta aktif dalam peningkatan mutu pelayanan laboratorium kesehatan bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarkat.

“Visi tersebut telah digalakkan melalui pelayanan Pemerintah Daerah, laboratorium Rumah Sakit, medis swasta, Puskesmas dan juga laboratorium penelitian Pemerintah dan perlu diketahui bahwa saat ini jumlah keanggotaan PATELKI yang ada diwilayah Manokwari sejumlah 110 orang yang sudah melakukan pelayanan kepada masyarakat”. 




“PATELKI  merupakan wadah perhimpunan dan pengembangan profesi kesehatan yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara nasional kepada masyarakat,” kata Liborang.

Sementara itu, Ketua DPW PATELKI Papua Barat, Mince Wilil SKM., M.Kes., menjelaskan PATELKI merupakan organisasi wadah dimana organisasi profesi kesehatan bernaung, berlindung dengan segala macam aktivitas dalam pelaksanaan kesehatan di bidang pelayanan yang dilaksanakan sehari-hari.


“Musyawarah cabang ke-III ini dalam rangka untuk kita mendengar bersama tentang aturan dari LPJ dan kita akan memilih lagi ketua DPC yang baru, saya mengharapkan agar setiap kegiatan hari ini dapat dilaksanakan dengan baik, apa yang sudah disiapkan, dilaporkan terkait kegiatan yang sudah dilakukan pengurus periode yang lalu mari kita bersama-sama menerima, dalam memiliki ketua yang baru saya berharap DPC Manokwari kedepan  membawa kebutuhan ATLM menjadi lebih baik dan dapat bersinergi dengan Pemerintah, masyarakat dan stake holder,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC PATELKI Kabupaten Manokwari, Dina Rongko, A.MD., AK., menyebutkan tantangan profesi ATLM yang semakin berat kedepan membuat semua ahli teknologi laboratorium medik khususnya DPC PATELKI Manokwari harus saling bergandengan tangan dan bahu membahu satu dengan yang lainnya serta semangat demi terwujudnya PATELKI Kabupaten Manokwari yang mandiri, sejahtera berperilaku santun dan professional.



“Kita merupakan barisan terdepan dalam pengambilan sampeling kepada masyarakat selama pandemi Covid-19 tentunya kita semua mengharapkan ATLM harus lebih proaktif dalam upaya memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dengan tetap menjalankan prinsip SOP,” tuturnya. 

Setelah pelaksanaan musyawarah DPC Manokwari cabang ke-III ini dihasilkan kesepakatan yaitu terpilih sebagai Ketua DPC Manokwari periode 2021-2024 dijabat oleh Arif Nurmawan Toro, A.Md.AK dan Wakilnya Rosmawati, Skm., Deby Selvi, S.Tr., Kes (Sekretaris), dan Mery Christina, A.MD., Ak (Bendahara).




Perlu diketahui, dalam acara yang dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan serta dihadiri oleh Direktur RSUD Manokwari, para pimpinan Laboratorium swasta se-Kabupaten Manokwari, para Kepala Puskesmas, juga diikuti oleh 110 orang peserta musyawarah yang hadir maupun ikut secara virtual ini dilatar belakangi karena mengingat masa kepengurusan satu periode telah berakhir maka perlu dilakukan musyawarah untuk mengevaluasi kinerja selama satu periode dan melantik kepengurusan periode berikutnya guna melaksanakan perputaran roda organisasi agar tetap eksis mewujudkan kemandirian kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan terkhususnya Kabupaten Manokwari. (As/Red/BRP).

Pos terkait