Jelang Idul Adha 1442 H, Pemkab Bartim Anggarkan 1 Miliar Untuk Pembelian Hewan Qurban Sebanyak 63 Ekor Sapi

  • Whatsapp

BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Menjelang Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi Pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Timur provinsi Kalimantan Tengah, melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) telah menyiapkan 63 ekor sapi Qurban.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PHBI Barito Timur, H. Rusdianor, dirinya menjelaskan bahwa hewan Qurban akan didistribusikan ke seluruh kecamatan dengan mempertimbangkan permohonan pengurus mesjid dan langgar, jumlah jemaah maupun hewan Qurban yang disiapkan secara swadaya serta sumbangan pihak swasta.
“Hewan Qurban yang akan di distribusikan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh dinas perikanan dan peternakan, jadi mereka yang menentukan layak atau tidaknya hewan Qurban yang akan didistribusikan,” ucap Rusdianor kepada awak media di Tamiang Layang, Jumat (16/07/2021).
Dirinya juga menyebutkan untuk hewan Qurban dari sisi umur sudah ditenentukan umur hewan Qurban yang layak sebelum dibeli, lanjutnya.
Pria yang juga menjabat sebagai Asisten III ini, mengatakan bahwa untuk seluruh hewan Qurban yang disiapkan oleh PHBI berasal dari hasil ternak asli masyarakat Barito Timur.
“Semuanya kami ambil dari Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau, karena di sana ada sentra peternakan sapi dan ada BUMDes bidang peternakan. Jadi kita tidak mengambil dari luar daerah kita memberdayakan masyarakat dan BUMDes yang ada di Barito Timur,” ungkapnya.
Secara terpisah, dari keterangan Kepala bagian Sekretariat Daerah Barito Timur, Ahmad Gazali mengungkapkan bahwa Pemkab Barito Timur untuk pembelian hewan Qurban dianggarkan pada tahun ini sebesar Rp 1 miliar Rupiah.
“Kami dari Kesra hanya menyiapkan anggarannya, untuk pembelian hewan Qurban dilakukan oleh PHBI,” jelasnya singkat. (YCP/Red)

Pos terkait