Kapolsek Murung Hadiri Peresmian Listrik PLN 4 Desa Di Kabupaten Murung Raya

  • Whatsapp

Kegiatan Peresmian PLN Untuk 4 Desa di Kabupaten Murung Raya (Foto: Polsek Murung For BRP)


BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kapuas) – Kapolsek Murung IPTU WIDODO.,S.E., turut menghadiri kegiatan Peresmian Listrik PLN Desa untuk 4 (empat ) Desa yang ada di Kabupaten Murung Raya yang digelar di depan Kantor Desa Panuut, Sabtu tanggal 31 Juli 2021. 

Kapolsek menjelaskan, kegiatan peresmian dipimpin oleh Wakil Bupati Murung Raya REJEKINUR,S.Sos. 

“Perihal kegiatan adalah peresmian aktifnya jaringan listrik PLN untuk Desa Panuut Kecamatan Murung dan Desa Batu Mirau, Desa Tumbang Apat, Tumbang Kolon Kecamatan Sungai Babuat,” ujar Kapolsek. 

Kapolsek menguraikan, Bupati Murung Raya dalam sambutannya menjelaskan, walaupun kegiatan ini dilaksanakan disaat masih adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang sudah menjadi prosedur dan ketentuan bagi bangsa dan masyarakat secara menyeluruh. 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Wilayah Kabupaten Murung Raya memiliki 10 Kecamatan116 Desa dan 9 Kelurahan. Berdasarkan data Rasio Elektrifikasi (RE) yang kami miliki terhitung 50 Desa di Kabupaten Murung Raya yang sudah teraliri jaringan listrik PLN dan 15 Desa yang telah mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (PLTSHE)Tahun 2019 Program Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Kalteng dan Kementrian ESDM RI. 

Namun masih terdapat beberapa desa di Kabupaten Murung Raya yang belum teraliri jaringan listrik PLN yaitu sebanyak 60 Desa dengan Rasio Elektrifikasi desa berlistrik 50,39 persen dan desa belum berlistrik 49,61persen. 

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalselteng, atas segala dedikasi dan kerja kerasnya dalam membangun listrik pedesaan terhadap beberapa desa yang belum teraliri listrik.Sehingga saat ini masyarakat Desa Panuut, Desa Batu Mirau, Desa Tumbang Apat, Desa Tumbang Kolondi Kecamatan Sungai Babuat dapat merasakan manfaat dari energi listrik.


Pemerintah Kabupaten Murung Raya juga berkomitmen untuk selalu siap membantu PLN dalam melaksanakan program listrik pedesaan.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk memenuhi segala pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat sekaligus sebagai aksi strategis penanggulangan kemiskinan, kebodohan dan keterisolasian sebagai wujud pelaksanaan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah Kabupaten Murung Raya menuju Murung Raya EmasTahun 2030.

Diharapkan dengan adanya penerangan di rumah-rumah warga ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.Dengan adanya listrik, tentu dapat menunjang banyak kegiatan dan aktivitas warga baik malam hari ataupun juga pada siang hari, anak-anak pun bisa belajar dan yang mempunyai usaha rumahan juga dapat menghidupkan kembali usaha dan perekonomiannya.

Oleh karena itu Pemerintah akan terus mendorong percepatan pembangunan kelistrikan di Kabupaten Murung Raya.

Khusus untuk program kebijakan subsidi dari Kementrian ESDM dalam rangka pemasangan listrik kepada keluarga tidak mampu atau berpenghasilan rendah di Kabupaten Murung Raya, merupakan bagian dari data terpadu program penanganan keluarga fakir miskin yang dikelola oleh Kementrian Sosial.

Kita semua berharap agar partisipasi aktif dari semua pihak untuk dapat merumuskan, menyusun, merencanakan dan menetapkan berbagai kebijakan terkait program dan kegiatan perencanaan pembangunan dibidang ketenagalistrikan ini sesuai dan termasuk dalam skala prioritas pembangunan daerah dengan tidak mengenyampingkan sektor–sektor pembangunan lainnya sesuai pertimbangan. (Rah/Red/BRP)

Pos terkait