Pangdam VI/Mulawarman Puji Kinerja Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0904/Paser, Dikatakan: Over Prestasi



BARITORAYAPOST.COM (Tana Paser) – Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto, M.M., M.Tr (Han) didampingi Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P.,M.Si.melakukan kunjungan ke Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Tahun Anggaran 2021 Kodim 0904/Paser(Psr). Senin (12/7/2021). 

Pelaksanaan TMMD ke-111 dimulai sejak 15 Juni dan berakhir pada 14 Juli 2021 mendatang, yang berlangsung di Desa Kerang Dayo, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. 

Pangdam VI/Mulawarman memuji kinerja yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke 111 Kodim 0904/PSR, yang memperoleh hasih yang memuaskan. 

“Hari ini saya sempatkan melakukan kunjungan ke Kodim 0904/Paser, yang sedang menyelenggarakan TMMD ke-111 dan kegiatan berjalan dengan bagus dan sangat memuaskan,” jelas Pangdam VI Mulawarman. 

Karena waktu pelaksaan tinggal menghitung hari, Pangdam ingin meyakinkan pada masyarakat, bahwa program TMMD yang diselenggarakan oleh Kodim 0904/PSR dapat dilaksanakan dengan baik. 

Pangdam mengakui, sejak pertama menjabat sebagai Panglima, baru kali ini menginjakkan kakinya ke Kabupaten Paser. 

“Ini kali pertama saya berkunjung ke Kabupaten Paser, Padahal sudah setahun saya menjabat karena memang wilayahnya cukup banyak, dan kebanyakan saya ke Kaltara dan Kalsel,” terang Mayjen TNI Heri Wiranto. 

Dari hasil peninjauan yang dilakukan di lokasi TMMD Kodim 0904/PSR, Ia beranggapan bahwa pelaksanaan kegiatan fisik maupun non fisik secara secara umum dapat diselesaikan dengan baik. 

“Sasaran fisik juga tadi selesai total, jalan yang dibuka sepanjang 3950 meter bahkan nambah 1700 meter karena permintaan masyarakat yang hampir selesai juga, jadi total seratus persen over prestasi,” puji Pangdam atas Kinerja Satgas TMMD Kodim 0904/PSR. 

Selain itu, kegiatan fisik yang dilakukan yaitu bedah rumah, beserta pembangunan gorong-gorong untuk masyarakat di Desa Kerang Dayo. 

Awalnya, pembangunan gorong-gorong tersebut yang direncanakan oleh Dansatgas TMMD Ke-111 Letkol Czi Widya Wijanarko hanya 4, namun dilakukan penambahan lagi. 

“Ada pembangunan gorong-gorong yang juga dikerjakan, yang tadinya hanya 4 gorong-gorong ternyata setelah dijalankan menjadi 19, ini prestasi yang luar biasa,” sanjung Heri Wiranto. 

Ia menilai, pelaksanaan TMMD Ke-111 Kodim 0904/PSR dan sangatlah bagus, dimana mampu mengerjakan jalan sejauh 3950 meter dengan anggaran yang sangat minim. 

Heri Wiranto menyebutkan, anggaran pelaksanaan TMMD berasal dari pemerintah daerah, sementara TNI melibatkan prajurutnya dalam pelaksanaannya di lapangan. 

“Menurut pandangan saya, dengan alokasi anggaran yang sangat terbatas mampu dikerjakan dengan nilai yang jauh lebih besar, bisa dibayangkan 3,95 kilometer dengan anggaran yang diberikan hanya 1 miliar untuk seluruh kegiatan, ini luar biasa, dan yang terpenting bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya. 

Menurutnya, nilai dari Kegiatan TMMD Ke-111 ini bukan hanya sasaran secara fisik, kalau kalau sekedar fisik bisa dikerjakan oleh Proyek. 

“Namun yang terpenting membangun sasaran non fisik, apa? membangun komunikasi, membangun kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, dengan seluruh komponen bangsa yang lain untuk menjaga kedaulatan bangsa, itu yang terpenting,” pungkas Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Her Wiranto. 

Sumber Dim 0904/Paser.

Pos terkait