SELAMAT DATANG DI PORTAL BERITA ONLINE BARITORAYAPOST.COM

Thursday, 15 July 2021

Tiga Anggota DPRD Gumas Salurkan Dana Aspirasi Benih dan Pakan Ikan 


Jajaran DPKP Gumas tengah mendatangi lokasi kolam ikan milik petani di wilayah setempat, baru-baru ini. 



BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) - Pada tahun 2021, ada sebagian kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menyalurkan bantuan dana aspirasi ke masyarakat yang ada di wilayah setempat. Penyalurkannya itu berupa pakan ikan dan benih ikan.

Adapun yang menyalurkan berupa benih ikan dan pakannya tersebut, yakni dari Anggota DPRD Kabupaten Gumas seperti Rayaniatie Djangkan, Untung J Bangas dan Riantoe. 

 “Adapun bantuan yang disalurkan berasal dana aspirasi kami, yang akan disalurkan kepada sejumlah kelompok pembudidaya ikan, melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP)  yang ada di Kabupaten Gumas ini,” ucap Rayaniatie Djangkan, Rabu (14/7).

Sedangkan, kata dia, masing-masing anggota DPRD menyalurkan bantuan benih dan pakan kepada kelompok pembudidaya ikan yang berbeda. Seperti  Untung J Bangas menyalurkannya ke kelompok pembudidaya ikan Kapakat Pahari, Desa Tumbang Habaon, dan milik Riantoe, diberikan ke kelompok pembudidaya ikan Bersama di Desa Talangkah dan Hakimbing Lenge di Desa Tumbang Kuayan.

“Untuk dana aspirasi saya, disalurkan ke kelompok pembudidaya ikan Beringin di Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang,” ujarnya.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, penyaluran bantuan benih dan pakan ikan ini merupakan upaya untuk mendukung pengembangan budidaya ikan air tawar, yang sekarang ini digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas, melalui perangkat daerah terkait.

“Karena kami melihat potensi perikanan di Gumas ini sangat baik. Untuk itu, diharapkan bantuan yang diberikan dapat dikelola dengan sungguh-sungguh, sehingga berkembang dengan baik, dan memberikan tambahan pendapatan bagi peningkatan bagi mereka,” terangnya.

Terpisah, Kepala DPKP Gumas Letus Guntur mengakui, penyaluran bantuan benih dan pakan ikan diberikan kepada beberapa kelompok pembudidaya ikan, yang berasal dari Desa Sepang Kota, Hurung Bunut, Petak Bahandang, Teluk Nyatu, Bereng Jun, Tumbang Napoi, Tumbang Kajuei, Tumbang Samui, Tumbang Sian, dan Kelurahan Tumbang Miri. 

“Benih ikan yang kami salurkan yakni gurame, lele, patin, dan nila dengan jumlah yang bervariasi. Penyalurannya terbagi dalam tiga tahap, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gumas tahun 2021,” akuinya.

Ia menambahkan, pemberian bantuan benih dan pakan ikan merupakan upaya dari pemerintah daerah dalam mendorong pengembangan budidaya ikan air tawar di Bumi yang berjuluk Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu.

“Budidaya ikan air tawah di daerah ini sangat baik dan sebagai omset bagi mereka petani ikan. Akan tetapi harus dikelola dengan sungguh-sungguh, sehingga akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mereka,” pungkasnya. (Cp/red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top