Kapolres Bartim Siapkan 205 Personil Untuk Penanganan Penanggulangan Karhutla di Wilayah Hukumnya

  • Whatsapp
BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Dalam mengantisipasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjelang musim kemarau, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla tahun 2021 dengan dukungan penuh dari pihak Polres Bartim.
Pelaksanaan apel tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabub) Bartim, Habib Said Abdul Saleh, dan diikuti oleh jajaran Pemkab Bartim beserta TNI-Polri juga beberapa personel dari pihak perusahaan dan relawan di halaman kantor Bupati, Kamis (12/08/2021).
Kapolres Bartim, AKBP Afandi Eka Putra, S.H., S.I.K., M.PICT., menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personil yang berada di posko dalam kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla sebanyak 205 di wilayah hukumnya.
“Saat ini kita memiliki 6 posko Karhutla yang tersebar, dengan melibatkan 205 personil, mulai dari tim pendeteksian, pencegahan sampai tim penegakan hukum,” ucap Kapolres Bartim usai kegiatan.
Pria berpangkat 2 melati ini juga menjelaskan bahwa dalam penanggulangan Karhutla pihaknya telah memenyiapkan Sarana dan prasarana (Sapras) juga memberikan arahan bagi pengguna lahan dalam bertani membuka lahan dengan cara membakar sesuai prosedur guna menghindari Karhutla.
“Untuk posko karhutla itu saat ini kita 6 posko yang  rata-rata memang ditempatkan di kantor BPBD dan di kantor desa. Nanti kita akan cek terus mulai dari kesiapan personilnya,” jelas Afandi.
Menurut Kapolres kegiatan hari ini adalah apel Sarpras dan termasuk mengecek posko-posko yang sudah disiapkan dalam penanganan dan penanggulangan Karhutla.
“Sanksi membakar hutan sudah jelas ada undang-undangnya, maka kita juga melihat penegakan hukum yang berkeadilan dengan mengedepankan tindakan pencegahan dan humanis,” pungkasnya. (YCP/Red)

Pos terkait