Pemkab Pulang Pisau Respone Cepat Keluhan Warga Desa Mulyasari

  • Whatsapp
BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) – Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang didampingi Kadis PUPR Dr. Usis I Sangkai dan Kadis Pertanian Slamet Untung Riyanto turun langsung ke Desa Mulyasari Kecamatan Pandih Batu untuk melihat secara langsung infrastuktur jalan menuju lokasi persawahan. Hal tersebut merupakan bentuk respone cepat dan menjawab keluhan warga Desa Mulyasari Kecamatan Pandih Batu jika pada saat musim penghujan kesulitan untuk angkut hasil panen padi.
Warga setempat melalui Kades Mulyasari berharap kepada Pemkab Pulang Pisau melalui DPUPR agar segera meningkatkam infrastruktur jalan menuju persawahan sehingga pengangkutan hasil panen warga menjadi lebih mudah dan lancar.
Kepala Dinas PUPR Pulang Pisau Dr Usis I Sangkai menyatakan siap menganggarkan dana untuk peningkatan akses jalan menuju persawahan warga di Desa Mulyasari, Kecamatan Pandih Batu dalam rangka menunjang pengembangan kawasan Food Estate di wilayah itu.
“Kemarin (Senin, 9/8/2021) kami bersama Ibu Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang meninjau langsung ke titik jalan yang diusulkan warga Desa Mulyasari, yakni jalan menuju persawahan sepanjang kurang lebih 3 Km. Kondisi jalan tersebut memang perlu ditingkatkan untuk mendukung pengembangan kawasan Food Estate di wilayah Desa Mulyasari ini,” kata Usis, Selasa (10/8/2021).
Menurut Usis, anggaran untuk peningkatan ruas jalan perkerasan (base course) menuju persawahan di Desa Mulyasari rencananya akan dialokasikan melalui APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021, meskipun tidak dapat maksimal sepanjang 3 Km ditingkatkan, namun akan dilanjutkan di APBD TA 2022.
“Setidaknya membutuhkan dana sebanyak Rp 5 Milyar sampai perkerasan jalan selesai, tapi ini akan kita upayakan bertahap dimulai dari APBD Perubahan TA 2021, dilanjutkan melalui APBD TA 2022,” kata Usis.
Dia menambahkan, jika jalan menuju persawahan di Desa Mulyasari ini ditingkatkan, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan jalan ini untuk mengangkut hasil pertanian menuju jalan poros antar desa yang telah dibangun melalui APBD Provinsi Kalteng yang menghubungkan Desa Kantan Muara-Mulyasari-Pangkoh Sari.
Dikatakan Usis, sesuai keinginan Bupati Pulang Pisau Pudjirsutaty Narang, bahwa kawasan Desa Mulyasari ini akan dijadikan perluasan kawasan Food Estate di Kecamatan Pandih Batu, yakni berada di seberang wilayah Food Estate yang sekarang sedang digalakkan.
“Guna mendukung perluasan kawasan Food Estate ini dan pemerataan pembangunan infrastruktur pertanian, memang perlu ditingkatkan sejumlah infrastruktur penunjang, salah satunya adalah akses jalan menuju persawahan warga di Desa Mulyasari, tentu kita berkomitmen untuk memenuhi usulan warga ini,” pungkasnya. (BS/Red/BRP).

Pos terkait