BINDA Kaltim Lanjutkan Vaksinasi Sebanyak 3.000 Dosis di Kutai Kartanegara

BARITORAYAPOST.COM (Tenggarong) – Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Timur (Kaltim) laksanakan vaksinasi lanjutan sebanyak 3.000 dosis di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pemberian vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi para pelajar di  Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tenggarong dan beberapa sekolah lainnya, termasuk menyasar ke masyarakat desa transmigrasi yang merupakan salah satu desa pedalaman, yaitu, Desa Purjiwa Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, kabupaten setempat, Kamis, (16/09/2021).

“Sebanyak 1.500 dosis diperuntukkan bagi pelajar SMAN 1 Tenggarong dan sekolah lainnya, serta 1.500 dosis untuk masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan sistem door to door atau dari rumah ke rumah atau mendatangi warga secara langsung,” ucap Kepala BINDA Kaltim, Brigadir Jendral (Brigjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Dani Koswara kepada awak media di Tenggarong.

Bacaan Lainnya

Tujuan dari vaksinasi tersebut, untuk meningkatkan herd imunitty bagi para pelajar guna mempercepat proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Mengingat lanjut dia, vaksinasi ini dilaksanakan karena mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sebab, kalimantan merupakan episentrum pendemi yang cukup tinggi di Indonesia.  

“Walau pun dilihat dari jumlah nampak sedikit, namun, dilihat dari persentasenya tinggi dibanding wilayah-wilayah di jawa, ketika dibandingkan pada jumlah penduduk yang ada, dari 10 kabupaten dan kota yang ada di wilayah Provinsi Kaltim, seperti, Kabupaten Kutai Kartanegara ini, salah satu dari 4 kabupaten dan kota yang mempunyai kasus penyebaran Covid-19 yang dinilai tinggi,” tuturnya.

“Di wilayah kaltim, semoga vaksinasi yang di laksanakan dapat meningkatkan herd imunitty di lingkungan yang ada sekarang dan dapat melaksanakan PTM di sekolah – sekolah yang memasuki PPKM Level 3,” kata kalimat penuturan dia lagi.

Jendaral bintang satu ini mengutarakan, dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini, langsung didampingi oleh dirinya. Perihal itu dilakukan lanjut dia, agar segala pelaksanaan kegiatan dapat dipastikan berjalan sesuai dengan harapan bersama.

“Pada hari ini, di Kutai Kartanegara, kita sudah melaksanakan vaksinasi Massal. Binda Kaltim sudah melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat dan pelajar sebanyak 22.500 dosis di 5 Kabupaten dan kota di wilayah Kaltim ini,” demikian pungkas Dani Koswara.

Sekedar informasi, vaksinasi lanjutan yang diselenggarakan oleh Binda Kaltim di SMAN 1 Tenggarong bersama kepala sekolah dan para pelajar tersebut, disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo secara live video teleconference. (Badri/Red/BRP).

Pos terkait