Bupati Bartim Sampaikan Kabar Baik Bagi Pelaku UMKM

  • Whatsapp

BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, SE , MM, mengatakan bahwa sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi penyedia 99 persen dari total lapangan kerja nasional yang tersedia.

Dari Kontribusi UMKM yang begitu besar ini, Bupati menyampaikan kabar baik saat membuka pelatihan dengan tema ‘Pentingnya berwirausaha yang berkualitas di masa pandemi Covid-19 bagi pelaku UMKM Kabupaten Barito Timur’ yang digelar di lapangan tenis Indoor kompleks Nansarunai Tamiang Layang, Senin, (13/09/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut orang nomor 1 di Gumi Jari Janang Kalalawah ini, bahwa UMKM dapat menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja, menyumbang 60,34 persen dari total pendapatan domestik bruto nasional, menyumbang 14,7 persen dari total ekspor dan menyumbang 58,8 persen dari total investasi.

“Berdasarkan data diatas maka UMKM menjadi sektor yang paling besar merasakan dampak dari pandemi Covid-19 karena begitu banyak keluarga yang bergantung dari sektor ini,” ucap Ampera.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada pelaku UMKM, menurutnya masalah ini tidak bisa dibebankan kepada pemerintah saja, tetapi perlu kesadaran bersama semua pihak agar geliat perekonomian dapat bangkit kembali meski pandemi belum berakhir.

Pos terkait