Kasus Covid-19 di Purbalingga Menurun, Operasi Prokes Tetap Digencarkan

BARITORAYAPOST.COM (Purbalingga) – Meski kasus harian Covid-19 di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah terus menurun, namun operasi penegakan disiplin protokol kesehatan tetap digencarkan.

Dari data laman resmi Pemkab Purbalingga menyebutkan, per Minggu (17/10/2021) kasus aktif Covid-19 di Purbalingga hanya 25 kasus, dimana 8 orang dirawat dan 17 lainnya menjalani isolasi mandiri. Serta pelaksanaan pencegahan penyebarannya tetap dilakukan.

Bacaan Lainnya

Selain program vaksinasi, pelaksanaan patroli gabungan juga terus digencarkan baik siang maupun malam hari.

Salah satunya operasi masker yang dilaksanakan Satgas gabungan Covid-19 Kabupaten Purbalingga di Jalan DI Panjaitan dan kompleks Pasar Mandiri Kecamatan Purbalingga.

Dalam operasi tersebut, petugas mengingatkan masyarakat pentingnya melaksanakan protokol kesehatan. 

Letda Inf Abu Kasan, salah satu petugas dari Kodim 0702 Purbalingga menuturkan, jika memang sesuai data Covid-19 di Purbalingga terus mengalami penurunan dibanding beberapa waktu sebelumnya, bukan berarti masyarakat lengah dan lupa melaksanakan protokol kesehatan.

“Covid-19 masih ada. Hanya saja saat ini jumlah yang terpapar menurun. Jadi, tetap waspada. Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dan operasi masih akan terus digencarkan,” ujarnya.

Abu Kasan menambahkan, operasi yang dilaksanakan Kodim Purbalingga bersama tim gabungan lainnya masih mendapati 9 orang yang tidak mengenakan masker.

“Masih ditemui 9 orang tidak mengenakan masker. Selain kita data, ia juga kita berikan tindakan edukatif agar lain hari selalu ingat pentingnya melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Hadi (35), warga Kecamatan Purbalingga yang kedapatan tidak bermasker di Pasar Mandiri menuturkan, dirinya lupa tidak mengenakan masker.

“Lupa, karena buru-buru mau belanja. Tapi besok-besok mau pakai masker kalau ke pasar,” ucapnya. (est/Red/BRP).

Pos terkait