PPM Investor Tambang Jangan Tumpang Tindih

Rapat Koordinasi : Bupati Mura Drs Perdie M Yoseph MA pimpin rapat koordinasi yang didampingi unsur Forkopimda Setempat beberapa waktu yang lalu. Foto : ADR Untuk BRP

BARITORAYAPOST.COM (MURUNG RAYA) – Bupati Murung Raya (Mura) Drs Perdie M Yoseph MA mendorong kepada seluruh investor tambang khususnya batubara agar melakukan percepatan pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di masing masing wilayah kerjanya.

Seperti diketahui bahwa program PPM merupakan produk yang wajib dilaksanakan oleh para investor selama masih beraktifitas secara sistematis dan terukur.

Bacaan Lainnya

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM nomor 25 tahun 2018 tentang perusahaan pertambangan mineral dan batubara, dan keputusan Menteri ESDM nomor 1824K/30/MEM/2018 tentang pedoman pelaksanan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta sesuai surat Bupati Murung Raya nomor 500/11/Ek.SDA tanggal 11 Januari 2022 perihal evaluasi pelaksanaan program PPM sektor pertambangan di wilayah Murung Raya.

“Evaluasi ini kita laksanakan agar kegiatannya disesuaikan, antara program Pemda dengan program perusahaan. Sehingga bisa menghindari potensi tumpang tindih dilapangan,” kata Perdie saat diwawancarai awak media, Jumat (21/1/2022).

Bupati juga mengungkapkan beberapa program dari PPM ini seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, kemandirian ekonomi, dan infrastruktur. 

“Program program ini lah yang harus dievaluasi agar tidak berbenturan dengan program pemerintah. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Perdie lagi.

Dia juga menngakui tantangan yang dihadapi para investor dalam merealisasikan Program PPM ini cukup menantang, seperti kondisi geografis, keterbatasan jumlah dan kualitas SDM untuk mengelola program tersebut. 

“Faktor faktor tersebut tentu menjadi tantangan bagi para investor merealisasikan program tersebut, dan kita selaku pemerintah daerah siap bersama sama untuk melakukan evaluasi agar hasil PPM bisa maksimal,” pungkasnya. (yud/red/BRP)

Pos terkait