Tingkatkan Hasil Pertanian OAP, BUMD AUMK Meraoke Kerjasama Dengan PT PMA dan PT ASN

Merauke, Baritorayapost – Guna meningkatkan hasil pertanian para Petani Orang Papua (OAP) terkait dengan strategis pemupukan yang optimal dalam peningkatan kapasitas produksi petani dan penyerapan hasil – hasil produksi petani di wilayah Distrik Meraoke, Provinsi Papua, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Malind Kanamin (AUMK) Meraoke bekerjasama dengan Perusahaan Terbatas Agape Sinar Nusantara (PT ASN) dan PT Prima Mulia Abadi (PMA).

Perihal ini dilakukan, mengingat selama ini petani lokal (OAP) di wilayah Distrik Merauke mengalami kesulitan dalam hal mendapatkan pupuk saat penanaman serta memasarkan hasil produksinya pada saat pasca panen.

Bacaan Lainnya

Oleh sebab itu, pihaknya menggelar sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada para petani lokal OAP itu. Kegiatan tersebut berlangsung, Kamis kemarin, tepatnya (17/03/2022) sekitar pukul 10.00 WIT sampai dengan selesai di Aula Distrik Meraoke.

Direktur BUMD AUMK Kabupaten Merauke Vinsensias Gebze dalam sambutannya mengatakan, peran BUMD adalah menjadi wadah yang menampung dan mengatasi kesulitan petani lokal OAP di wilayah Merauke dalam memasarkan hasil – hasil produksi pertaniannya. BUMD AUMK hadir untuk meningkatan ekonomi masyarakat OAP. 

“Petani OAP perlu adanya dukungan, sehingga mereka mengetahui kehadiran BUMD di Kabupaten Merauke,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur PT ASN, Wismo Pahargyan mengatakan, pihaknya hadir di Merauke dalam rangka menjalin kerjasama dengan BUMD AUMK di Kabupaten Merauke. Kerjasama tersebut dalam hal pembelian beras petani di Kabupaten Merauke yang sangat luas, agar dapat dijadikan lumbung ketahanan pangan nasional.

Oleh sebab itu lanjut dia, PT ASN berkontrak pada 2021 untuk pembelian beras 15 ribu ton pertahun, dengan target pembelian beras perbulan sekitar 1.200 ton. Lantaran perihal itu sambung dia, petani Merauke tidak perlu khawatir lagi untuk masalah pemasaran. 

Tidak hanya itu saja, PT ASN juga akan berkerjasama dengan pemilik tanah adat dan akan membuat lahan untuk dikerjakan dengan sistem kerjasama bagi hasil. 

“Kedepannya setelah menanam padi, juga ada komoditi lain seperti, pisang, jagung, singkong, dan lain sebagainya. Untuk pasarnya sudah disiapkan,” tutur Wismo.

Dalam acara sosialisasi tersebut juga terhubung melalui virtual dengan PT PMA sebagai salah satu produsen pupuk yang ada di Gresik, Jawa Timur yang diwakili oleh Direktur Operasionalnya Kristin Martha. Dirinya mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya kerjasama ini dengan memberikan wawasan dan juga pendampingan kepada OAP.

“Dalam hal strategis, kapasitas produksi pertanian di wilayah Distrik Merauke sebagian besar lahan di Merauke merupakan lahan tanah asam, perlu adanya pemupukan yang berimbang antara pupuk organik dan non organik,” beber Kristin Martha.

Sementara, Kepala Distrik Merauke, Herman Kanggion mengakui terkait dengan masalah pemasaran hasil – hasil pertanian yang menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh para petani, khususnya OAP di wilayah setempat.

“Karena itu saya mengapresiasi kepada BUMD Aneka Usaha Malind Kanamin (AUMK) dan PT ASN yang menggagas upaya penyerapan hasil – hasil petani lokal khususnya beras untuk di pasarkan ke skala regional maupun nasional,” kata Herman.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Perencanaan Operasional BUMD AUMK, Sprianus Muda mengatakan, bahwa sosialisasi Perumda AUMK bersama petani OAP untuk membangun kerjasama untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pola kemitraan yang dipapar kemitraan kerja tujuan utamanya adalah saling menguatkan antara BUMD Aneka Usaha Malind Kanamin mitra kerja dan petani lokal,” demikian tutupnya. (BRP).



banner 728x250

Pos terkait