Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Beberapa Desa Di Wilayah Kecamatan Paku Terdampak Banjir

Barito Timur, baritorayapost – Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah dilanda banjir karena intensitas hujan tinggi yang berlangsung dari pukul 22:00 WIB sampai 8:00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, desa di wilayah Kecamatan Paku yang terdampak banjir meliputi Desa Tampa, Luaw Jawuk, Runggu Raya, Bantai Napu, Simpang Bingkuang, Patung, Pangkan, Kalamus dan Paku Beto.

Bacaan Lainnya

Salah satu warga Desa Tampa, Anton Alter ( 39 ) yang rumahnya juga terdampak banjir mengatakan, debit air saat ini lebih tinggi dari banjir sebelumnya, hal tersebut bukan hanya dikarenakan intensitas hujan yang tinggi,
akan tetapi aktivitas pembukaan lahan untuk areal pertambangan dihulu sungai Paku dan hulu sungai Parai diduga turut mempengaruhi tingginya debit air akibat hutan sebagai tempat resapan air di hulu sungai semakin berkurang,” katanya, Kamis (26/5/2022).

“Disamping curah hujan yang berlangsung lama, aktivitas pembukaan lahan di hulu sungai Paku dan sungai Parai diduga turut mempengaruhi, sehingga sungai Parai meluap walaupun sudah dilakukannya normalisasi sungai,” tambahnya.

lebih lanjut dikatakan, saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah penanganan atau bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (BPMDSos) Kabupaten Barito Timur untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir,” Pungkasnya. (BRP)

Pos terkait