Didi Nurhadi Inisiator bagi Kesejahteraan Masyarakat Desa Dirung Sararong

Didi Nurhadi
Kepala Desa Dirung Sararong, Didi Nurhadi, S.Sos

Baritorayapost.com, Murung Raya – Desa Dirung Sararong adalah salah satu desa definitif sejak 1950. Pada tahun 2002 adanya pemekaran wilayah di wilayah Kecamatan Barito Tuhup Raya, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Sebelumnya masuk wilayah kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Barito Utara. Dari 116 Desa di Kabupaten Murung Raya diantaranya adalah Desa Dirung Sararong dengan luas wilayah 135 km² dengan Jumlah penduduk 418 jiwa dan kepadatan 0,22 jiwa/km² kode wilayah 62.12.06.2003.(data Red: https://murakab.bps.go.id)

Didi Nurhadi, S.Sos Kepala Desa Dirung Sararong mengatakan, memasuki enam tahun sudah berjalan memimpin pemerintahan desa. Terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakatnya semua atas kerja keras disertai dukungan seluruh warga bersama-sama gotong-royong membangun demi kemajuan Desa.

Bacaan Lainnya

“Enam tahun berjalan Pemerintah Desa Dirung Sararung berada ditangan Didi Nurhadi yang akrab disapa Babe, dengan mengemban Visi , “Terwujudnya masyarakat Desa yang demokratis, maju, mandiri dan berlandaskan gotong royong” dan Misi yaitu: kesatu Memperbaiki tatanan pemerintahan desa terutama dalam hal pelayanan publik dengan konsep Pelayanan Prima dan bebas pungli (Pungutan liar). kedua Meningkatkan pelayanan di bidang pemerintahan. ketiga Meningkatkan pelayanan Pembangunan desa secara merata, adil, dan berkelanjutan. keempat Mewujudkan masyarakat desa yang kritis, peduli, dan berinteraksi dinamis dalam mengambil kebijakan pembangunan desa, dan kelima Menjalankan sistem pemerintahan yang transparan, efektif, dan akuntabel, kata Didi Nurhadi di kediamannya, Sabtu (28/5/2022).

Piagam Penghargaan Desa Dirung Sararong sebagai Wajib Pajak Terbaik 2 Kategori Bendahara Desa dari Kementerian Keuangan melalui KP2KP Puruk Cahu.

“Merdeka pangan ini menurut Didi Nurhadi merupakan program dari Kementerian Desa yang berjalan saat ini di desa yang dipimpinnya, sebanyak 155 kepala keluarga di RT 01 dan RT 02 Desa Dirung Sararong Kecamatan Barito Tuhup Raya tahun 2022 optimis mencapai merdeka pangan, “terangnya.

Program ini dijelaskannya terdiri dari kelompok masyarakat, yang dalam pelaksanaannya seluruh kepala keluarga menerima bantuan yang bersumber dari Dana Desa (APBN) tahun 2022 ini.

“Setiap kepala keluarga masing-masing menentukan bidang pertanian dan peternakan yang menjadi hobi dan keinginannya, baik beternak unggas, ikan maupun bertani tanaman lombok dan sayur-sayuran,” ujar Didi.

Babe juga menguraikan dalam kegiatan ketahan pangan keluarga ini bersumber dari 20 persen dari total Dana Desa Dirung Sararong 1 miliar, sehingga kegiatan ini memiliki total pagu 200.000.000 sehingga setiap keluarga akan memiliki kandang, pakan, dan bibit.

“Semua kepala keluarga di desa kita salurkan sesuai dengan tahapan penyaluran dana desa, dan kita pastikan setiap kk akan memiliki sumber ketahanan pangannya masing-masing,” tandasnya. (Tim BRP)

Pos terkait