Cegah Penyalahgunaan DD, Kejati Penkum di Jabiren Raya

Baritorayapost.com, PULANG PISAU – Dalam upaya mencegah dan mengantisipasi tindak pidana korupsi dalam penggunaan dana desa (DD), Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah memberikan sosialisasi dan penerangan hukum (Penkum) di Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (14/6/2022) dengan dihadir Kades, BPD dan Aparatur Desa se Kecamatan Jabiren Raya.

Kasipenkum Kejati Kalteng Dodik Mahendra SH. MH yang juga menjadi Narasumber kegiatan tersebut mengatakan kegiatan sosialisasi dan Penkum Kejati Kalteng ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau, yakni dilaksanakan di tiga kecamatan, Jabiren Raya, selanjutnya akan dilaksanakan di Kahayan Tengah dan Kecamatan Banama Tingang.

Bacaan Lainnya

” Kita memberikan penerangan hukum dan penguatan hukum kepada Kepala Desa dan perangkatnya selaku pelaku instrumen dari pelaksana pengelola keuangan desa, dan jangan sampai disalah gunakan dalam pengelolaanya, ” ucap Dodik

Dia menegaskan bahwa kegiatan Penkum sangat penting diberikan kepada Kades beserta aparaturnya, dimana hingga saat ini trend penyimpangan keuangan desa meningkat penyidikannya di Kejaksaan.

” Ini perlu dirubah polanya bahwa Kepala Desa fungsinya meminit pengelolaannya bukan menganggap dana desa itu dia yang mengurusinya. Untuk itu, Kejati Kalteng memberikan penyuluhan hukum untuk pencegahannya sehingga kedepan diharapkan tidak ada lagi muncul kasus-kasus Korupsi terkait pengelolaan keuangan desa, ” jelasnya

Dodik menambahkan hingga saat ini untuk penanganan kasus dana desa yang masuk di Kejati Kalteng masih belum ada. Ia pun mengajak kepada masyarakat di Kalimantan Tengah turut berperan aktif untuk melakukan monitoring dan pengawasan terkait pengelolaan dana desa sehingga dapat mengurangi dan mencegah terjadinya penyimpangan pengelolaan dana desa.

” Kepada Kades beserta aparaturnya, saya berharap dalam mengelola dana desa supaya mematuhi aturan yang sudah ditentukan dan tidak melawan hukum, ” pungkasnya

Sementara Camat Jabiren Raya Agustinuah menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kejati Kalteng atas dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum kepada Kades dan aparaturnya se Kecamatan Jabiren Raya.

” Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan pengetahuan tentang pengelolaan dan pengunaan dana desa (DD) sesuai aturan dan petunjuk yang sudah ditentukan sehingga kedepan tidak ada lagi Kades dan perangkatnya sampai tersandung masalah hukum, ” pungkasnya. (BRP).

Pos terkait