Dandim Tapin Beserta Unsur Forkopimda Sambut Kajati Kalsel

Tapin – Sinegritas adalah salah satu program pimpinan yang mana setiap momen terus dilaksanakan oleh Kodim 1010/Tapin dan Koramil jajaran yang mana kali ini Komandan Kodim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang mendampingi Bupati bersama Forkopimda Kab. Tapin lainnya menyambut kunjungan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel Dr. Mukri, S.H., M.H. beserta rombongan di kantor Kejari Tapin Kab. Tapin, Rabu (08/06).

Bacaan Lainnya

Kunjungan Kejati Kalsel meresmikan tiga buah rumah restorative justice, Peresmian tersebut dilakukan bersama dengan Bupati Tapin HM Arifin, Komandan Kodim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang, Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser dan para unsur Forkopimda Kab. Tapin.

Tiga buah rumah restoratif justice itu diberi nama Wadah Baparbaik (bahasa Banjar) atau tempat mediasi terkait permasalahan antar individual.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel Mukri mengatakan, tidak semua kasus kejahatan bisa diselesaikan lewat keadilan restoratif, misalnya tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan narkotika.

Intinya, “apabila ada permasalahan masyarakat yang tidak cukup berat silahkan selesaikan di Wadah Baparbaik ini,” ujarnya.

Komandan Kodim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang mengutarakan, “Selain ikut mendampingi meresmikan Rumah Restoratif Justice, ini merupakan bentuk silaturrahmi kemitraan atau sinegritas, dan kami pihak TNI akan selalu mendukung kegiatan apapun jika dibutuhkan.”

“Saya bersama Kajari Tapin mencari nama yang bagus buat rumah restoratif ini, dan disitulah mendapat nama yaitu Wadah Baparbaik, yg artinya Wadah Adalah tempat, Baparbaik adalah memperbaiki atau mediasi terkait permasalahan antar individual,” Pungkas Dandim. (red/mask95,brp)

Pos terkait