Kadin Kota Balikpapan Siap Partisipasi dalam Proyek Pembangunan IKN Nusantara

Baritorayapost.com, Balikpapan – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan Yaser Arafat Syahril SHI, MBA menanggapi positif terkait pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Yaser menjelaskan, asosiasi yang menaungi pengusaha maupun kontraktor di Kota Balikpapan ini sudah siap ikut berpartisipasi dalam proyek pembangunan IKN Nusantara.
“Baik secara kualitatif maupun kuantitatif, karena sudah berpengalaman menangani proyek besar seperti RDMP Pertamina, pembangunan jalan provinsi maupun jembatan,” ucapnya saat ditemui pada Minggu (5/6/2022).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Kadin Kota Balikpapan memiliki anggota 700 perusahaan lokal, namun yang saat ini aktif sekitar 400 perusahaan, pada kesempatan ini, Yaser menyoroti soal tenaga kerja siap pakai, memiliki sertifikasi mumpuni dan siap ikut pelelangan jika proyek pembangunan IKN akan dimulai.

Namun pihaknya tidak berminat bermitra atau menjadi sub kontraktor dengan perusahaan BUMN. Alasannya, berdasarkan pengalaman kerjasama, penagihan untuk pembayaran biaya proyek berdasarkan kualifikasi dan termin sangat lama, bahkan berbulan-bulan tidak cair.
“Dampaknya merugikan para pengusaha di Balikpapan. Hal ini juga berpotensi untuk terjadi konflik antara pengusaha lokal dan BUMN,” Pungkas Yaser.

Pos terkait