Komandan Kodim 1010/Tapin Hadiri Kegiatan Deklarasi Damai Pilkades

Tapin – Sebanyak 215 Calon Kepala Desa (Kades) 60 Desa 12 Kecamatan yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, bersama-sama mengikuti kegiatan Deklarasi Pilkades Damai, Netral dan Lancar di Pendopo Balahendam Kabupaten Tapin, Senin (13/06).

Bacaan Lainnya

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri oleh undangan terdiri dari Forkopimda, Bupati Tapin, Dandim 1010/Tapin, Kapolres Tapin, Kajari Kab. Tapin, Ketua BPRD Tapin, Camat Seluruh Kab. Tapin, Panitia Pengawas, Kades, Ketua Pemilihan Kades, serta Calon Kades.

H. Putarman, SE, Selaku Bupati Kab. Tapin dalam sambutannya menyampaikan kepada Penyelenggara , Cakades Tapin 2022 agar sepatutnya menebarkan kedamaian saat berinteraksi langsung dengan masyarakat lewat Pilkades Damai, Netral dan Lancar, Jangan sampai proses Pilkada Justru malah menjadi alat untuk membelah dan memperhadapkan masyarakat, yang akan menimbulkan konflik sosial yang pada akhirnya akan merugikan kita semua.

Tambahnya, Pilkades 2022 bisa memiliki Pilkades Iklhas, Netral serta Damai. menjelaskan desa sebagai otonomi asli punya peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan telah ditetapkannya calon kepala desa 215 calon kades 60 Desa maka untuk memahami tahapan selanjutnya untuk ciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu deklarasi damai ini.

Dandim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang dalam sambutannya, maksud dan tujuan deklarasi ini adalah untuk melaksanakan dan sukseskan Pilkades sesuai peraturan perundangan. Menciptakan, menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga dapatanya dan disosialisasikan Deklarasi Pilkades Damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan calon kades masing – masing.

Lanjutnya, pada kesempatan ini seluruh calon sengaja dikumpulkan guna melaksanakan ikrar damai secara seremonial, kegiatan ini dalam rangka agar semua calon kades menyamakan persepsi komitmen guna dukung Pilkades serentak jadi suatu ajang demokrasi yang bermartabat.

Selain itu juga yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.

“Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenannya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, se-Kab. Tapin bisa bergandeng tangan dan sukseskan Pilkades serentak. Selamat berkompetisi yang sehat semoga semangat persaudaran semangat kekluargaan bisa wujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” tutupnya.

Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, melepaskan merpati yang di ikuti Unsur Forkopimda, Camat sekabupaten Tapin dan seluruh calon Kades 2022. (red/mask95,brp)

Pos terkait