SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN LINMAS MENJELANG PILKADES SERENTAK

Tapin – Kepala Seksi (Kasi) Ketentraman dan Ketertiban umum Kecamatan Candi Laras Utara (CLU ) menjalin kerja sama dengan pihak Koramil 1010-05/CLU dan Polsek CLU dalam rangka menerima pembekalan dan pelatihan Linmas menjelang Pilkades serentak.

Bacaan Lainnya

Sekitar 26 orang Linmas yang merupakan perwakilan dari 13 desa yang ada di Kec.CLU dengan antusias menerima pembekalan dan sosialisasi guna mensukses Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Tapin terutama di Kecamatan Candi Laras Utara, Sabtu(25/06) kemaren sore.

Camat CLU Yus Sudarmanto melalui Kasi Trantib Sayuti Mengharapkan untuk para peserta terus membina kemampuan dan mutu pribadi agar mampu melaksanakan tugas di wilayah desa masing-masing.

“Sayuti juga menyampaikan pembekalan dan pelatihan yang sudah di terima agar bisa di aplikasikan di lapangan nantinya,” tegasnya.

Giat ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan bekal pengamanan wilayah dan personiel,mewujudkan situasi yang kondusif aman dan nyaman dalam setiap kegiatan di wialayah bahkan harus sigap dalam tundakan mengatasi kriminal maupun tanggap bencana.

“Apalagi di masa-masa saat ini yaitu menjaga ketertiban dan kenyamanan pelaksanaan Pilkades serentak, “Ujarnya.

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban , peserta juga mendapatkan ilmu pelatihan dasar Peraturan baris berbaris ( PBB ) oleh personiel Koramil 1010-05/CLU Serma Ali Said dan dari Polsek CLU Aipda Hasan.

Gerakan PBB merupakan suatu gerakan membentuk karakter juga dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.

“Mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi maka sikap tersebut sangat di perlukan oleh seorang Linmas, ” kata Serma Ali selaku anggota Koramil 1010-05/CLU.

Di tempat yang berbeda juga Danramil 1010-05/CLU Kapten Inf Budiman menyampaikan, bahwasanya satuan linmas sebagai satuan lembaga perlindungan masyarakat atau sering disebut Satlitmas ( Hansip ) merupakan bagian dari masyarkat yang disiapkan dan dibekali sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah desa ,TNI-POLRI maupun Instansi lembaga pemerintah lainya.

“Kapten Inf Budiman juga menekankan agar peserta dan pendukung bahkan penyelengara tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam melaksaan kegiatan.” (red/mask95,brp)

Pos terkait