Api di Kilang Pertamina Cilacap Padam

  • Whatsapp


BARITORAYAPOST.COM (Cilacap) – Direktur Utama PT Kilang Pertamina lnternasional Djoko Priyono menjelaskan, pemadaman api di Kilang Pertamina RU IV Cilacap telah dilakukan oleh pihaknya. 
Hal itu ia sampaikan dalam Press Release di kantor Head Office (HO) PT Pertamina (Persero) Refinery Unit lV Cilacap, Minggu (13/6/2021).
Djoko Priyono didampingi Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Kapolres Cilacap AKBP Dr Leganek Mawardi, Pasintel Lanal Cilacap Mayor Laut (E) Sudianto, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional Yulian Dekri, GM Pertamina Joko Pranoto, dan Manager Commucation Relations RU IV Pertamina Hatim Ilwan.
Dalam release-nya, Djoko mengucapkan terimakasih kepada Dandim, Kapolres, dan Kajari atas support-nya atas musibah yang terjadi di Kilang RU IV Cilacap, termasuk kawan-kawan media yang terus mengikuti proses pemadaman di Kilang RU lV Cilacap dari kemarin hingga hari ini.
“Dan kami sampaikan kepada kawan-kawan media bahwa pada pukul 10.50 WIB tadi, alhamdulillah kawan-kawan RU lV Cilacap telah bisa memadamkan seluruh api di lingkungan sekitar tangki 39, semuanya dalam kondisi lancar dan padam. Kami terus memonitor dengan tetap melakukan cooling dengan foam agar kita ketahui dan kita lakukan pengukuran-pengukuran temperatur di tangki sekitar 35 derajat. Artinya, kita bisa pastikan bahwa dengan temperatur tersebut tidak ada autoignition. Namun demikian kita tetap waspada, teman-teman Pertamina RU IV Cilacap tetap menjaga di lingkungan sekitar tangki supaya tidak terjadi titik api kembali,” terangnya.
Djoko mengungkapkan, tentu ini juga atas dukungan kawan-kawan semua yang terus menerus men-support kami untuk terus melakukan pemadaman ofensif, sehingga bisa dilaksanakan secepatnya. 
“Kemarin juga sempat sudah dinyatakan padam, namun teryata ada satu titik api yang masih menyala sehingga dapat kita padamkan tuntas pada pukul 10.50 WIB,” imbuhnya.
Terkait kejadian yang menimpa Kilang Pertamina RU IV, Djoko menyatakan, Kilang RU lV Cilacap tetap beroperasi normal dan sampai saat ini menghasilkan BBM dan lubis lain-lainnya serta tetap deliver produknya ke seluruh Jawa tengah, sebagian DIY, Jawa Barat, dan DKI, serta terhadap konsumen semuanya. 

“Semuanya terkendali, demikian juga konsumen industri untuk petrokimia. Dari Pertamina Cilacap dan dari kantor pusat, kita sudah menyatakan komitmen sudah deliver dengan baik. Sekali lagi terimakasih atas support-nya dan juga bapak-bapak dari Forkopimda Cilacap,” ungkapnya.
Menanggapi kerugian yang dialami akibat kebakaran tersebut, hingga kini masih menunggu kalkulasi dari Pertamina Cilacap. 
Namun, dengan adanya kejadian ini tidak memengaruhi proses produksi BBM dan penyaluran produksi ke seluruh DIY, Jawa Tengah, sebagian Jawa Barat, dan DKI Jakarta. (est/Red/BRP)

Pos terkait