Pendampingan Petani Timun Oleh Babinsa Kelurahan Petung Koramil Penajam

BARITORAYAPOST.COM (Penajam) – Dalam rangka program ketahanan pangan Nasional, Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Babinsa Kelurahan Penajam Koptu Gampang, melaksanakan Komsos serta pendampingan kepada Yetno (45 thn) petani mentimun atau timun yang bergabung dalam Kelompok Tani Harapan Baru Rt 017 Kelurahan Petung Kecamatan Penajam Kab PPU. Minggu (11/7/2021).
Menanam buah timun tidak terlalu sulit karena hanya perlu menyiapkan lahan, bibit timun yang berasal dari biji yang sudah dikeringkan serta pupuk, bibit tanaman timun yang sudah berumur 20-30 hari perlu perhatian kusus dalam pemeliharaan atau perawatannya, pemeliharaan yang perlu dilakukan adalah pengendalian gulma pada waktu tanaman masih muda dan menjaga tanaman dari serangan hama penyakit serta yang paling penting menjaga ketersediaan air pada tanaman.
Koptu Gampang Priyatno dalam kegiatannya mengatakan, pada pendampingan kali ini kita membantu perawatan tanaman timun yang baru di tanam oleh Yetnoi, selain melakukan pendampingan kita juga bertukar pikiran dalam merawat tanaman timun dengan tujuan menghasilkan tanaman yang subur dan meningkatkan kualitas hasil panen nantinya,” ucap Babinsa.
“Kami lakukan penyuluhan  cara perawatan holtikultura Jenis Tanaman Timun  berumur 14 hari kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok Babinsa sebagai bentuk Ketahanan pangan ditengah masa pandemi Covid-19,”pungkas Gampang.
Pada kesempatan tersebut, Yetno selaku pemilik lahan mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu melakukan perawatan pada tanaman timun miliknya.
”Mudah-mudahan dengan adanya pendampingan dari Babinsa Koramil 01/Penajam  menjadikan motivasi untuk para petani mentimun lainnya untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam dengan harapan di masa panen nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan,” tutup Yetno.
Sumber Dim 0913/PPU

Pos terkait