Sebanyak 101.500 Bibit Karet Dibagikan Dinas Pertanian Untuk 12 Kelompok Tani

BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Sebanyak 101.500 pohon bibit karet unggul jenis PB-260 di bagikan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah kepada 12 kelompok tani.

“Ada 12 kelompok tani itu tersebar di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Paju Epat, Benua Lima, Dusun Timur, Dusun Tengah, Patangkep Tutui, dan Kecamatan Awang,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Trikorianto di Tamiang Layang, Senin, (15/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dirinya juga menjelaskan, total lahan yang akan ditanami bibit karet yang merupakan bagian dari program ekonomi kerakyatan di bidang pertanian tersebut seluas 203 hektare.

Diketahui, karet unggul jenis B-260 pada beberapa lokasi tanam sudah matang sadap pada umur 4-4,5 tahun. Karet jenis ini juga memiliki produktivitas yang tinggi karena menghindari getah yang lebih banyak dibandingkan jenis lain.

“Bantuan disalurkan berdasarkan hasil verifikasi data melalui beberapa tahapan, kami juga sudah mengecek kondisi lahan untuk memastikan bahwa petani penerima bantuan benar-benar siap untuk mengembangkan bantuan bibit karet yang disalurkan,” papar Trikorianto.

Tidak hanya itu, selain bibit, dinas pertanian juga tetap membantu kebutuhan pupuk dan obat-obatan untuk perawatan tanaman karet tersebut sehingga tanaman karet dapat berproduksi sesuai target waktu.

“Harapan kami agar benar-benar dikembangkan, ditanam, dipelihara dan nanti sesuai dengan target 5 tahun sudah bisa disadap,” pungkasnya.(YCP/BRP/Red)

Pos terkait