Dampak Longsor Lereng Gunung Toho, Kades Narui bersama Warganya Gotong-royong Buat Jalan Darurat

Murung Raya, Baritorayapost – Akses jalan darat sebagai penghubung desa Narui dan desa Tumbang Bana, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini warga setempat masih melakukan gotong royong perbaiki jalan tersebut.

Diceritakan oleh Bambang, kepala Desa Narui, ” Peristiwa ini semua sebagai dampak longsor Gunung Toho, Warga desa Narui sudah 3 hari ini melakukan gotong-royong, ada ratusan meterlah yang akan kita perbaiki, serta membuat jalan darurat.

Bacaan Lainnya

Akses jalan ini merupakan satu-satunya sebagai urat nadi kami warga, kondisi jalan kurang lebih sepanjang ratusan meter telah tertutup oleh pohon kayu, disebabkan akibat Gunung Toho longsor, dikarenakan intensitas curah hujan sepanjang bulan terakhir kemudian ditambah pada brberapa hari terakhir hujan cukup deras. “Saat ini akses jalan dua desa, tidak bisa lagi dilalui warga, “kata Bambang, kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp, Jumat (06/05/2022).

Bambang, mengatakan dirinya bersama warga sudah tiga hari ini, kerja bakti alias gotong royong membuat jalan darurat, supaya warga bisa melaluinya. Karena jalan darat, desa tumbang bana dan narui, Kecamatan laung tuhup, merupakan satu-satunya akses jalan desa menuju desa tabulang, Kecamatan tanah siang, dan sekaligus ke ibu kota Puruk Cahu. “Kata kepala desa.

Sementara itu, Parisanto, yang merupakan warga desa narui, dirinya mengungkapkan, bahwa benar jalan desa ini satu-satunya akses jalan ke ibukota Puruk Cahu. “Ungkapan tersebut, disampaikan oleh, Parisanto, beberapa bulan yang lalu ketika awak media berkunjung ke desa.

Dengan kondisi jalan yang cukup memperhatin ini, Parisanto, berharap kepada Dinas terkait, atau melalui pihak ketiga untuk segera memperbaiki jalan desa kami ini, supaya kami bisa melalui lagi, Pinta Parisanto. (Asw/BRP).

Pos terkait