Eli Sumadi: Fokus Pembangunan Utamakan Kepentingan Umum, Dari Rakyat Untuk Masyarakat

  • Whatsapp
BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Kepala desa (Kades) Wuran, kecamatan Karusen Janang, kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, Eli sumadi melaksanakan pertemuan atau musyawarah dengan masyarakat desa di balai Posindu dengan menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (31/07/2021).

“Fokus pembangunan utamakan kepentingan umum, dari rakyat untuk rakyat,” ucap Eli Sumadi dalam sambutannya pada kegiatan penggalian gagasan masyarakat desa Wuran tahun 2020.

Pria muda energik dan berjiwa harmonis ini menjelaskan bahwa pembangunan desa seharusnya lebih berfokus kepada pemberdayaan dan perekonomian masyarakat pada masa Pandemi Covid-19.


“Mengingat situasi sulit dimasa pandemi Covid-19, masyarakat harus memanfaatkan pemberdayaan dari berbagai bidang, baik dari pertanian atau peternakan dan usaha kelompok yang menyentuh langsung untuk meningkatkan perekonomian,” jelas Eli Sumadi.

Sementara itu, masyarakat setempat yang menghadiri kegiatan yakni, Ketua RW/RT dan para tokoh agama juga tokoh masyarakat, serta kelompok tani masing-masing menyampaikan usulan atas kekurangan yang perlu ditingkatkan di wilayah tersebut.

Usai kegiatan, kepada wartawan Kades Wuran mengungkapkan bahwa usulan yang disampaikan masyarakat tentunya akan dikaji dan dievaluasi yang dapat menjadi prioritas untuk direalisasi.


“Sangat banyak usulan yang disampaikan masyarakat desa Wuran untuk pembangunan tahun 2022 khususnya diutamakan air bersih, kemudian sarana dan prasarana di bidang pertanian dan bantuan bibit juga hewan ternak,” ungkap Eli Sumadi.

Lebih lanjut, menurutnya air bersih di wilayah RT 7 sampai RT 9 sangat kesulitan air bersih sehingga akan dilakukan program Pamsimas tahap II di desa Wuran. Selain itu pemerintah desa Wuran juga akan memprioritaskan peningkatan budidaya dan pemberdayaan pada pertanian dan peternakan guna menopang ekonomi rakyat.

“Yang lebih dominan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa adalah membudidayakan peternakan dan tentunya wajib dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat sehingga menghasilkan nilai ekonomi untuk masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.(YCP/Red)

Pos terkait