Sekjen PWI Kalteng Harapkan Terlaksananya UKW Di Bartim Dapat Meningkatkan Pemahaman Kode Etik Jurnalistik

  • Whatsapp
Sekjen PWI Kalteng, Ika Lelu bersama Kabiro Bartim Baritorayapost.com, Yovan C Piay.

BARITORAYAPOST.COM (Barito Timur) – Dengan digelarnya kegiatan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) di kabupaten Barito Timur (Bartim), provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terselenggara melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Bartim selama 2 hari yang diikuti peserta dari berbagai daerah dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kode etik jurnalistik kepada wartawan.

 
Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen PWI Kalteng, Ika Lelu, saat diwawancarai awak media usai memberi kata sambutan pada pembukaan pelaksanaan UKW angkatan XIV yang diikuti sebanyak 32 wartawan di gedung umum Mantawara, Jumat (20/08/2021).
 
Pelaksanaan UKW ini berkat dukungan dari pemerintah daerah, dan kami dari provinsi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajaran atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana,” ucapnya.
 
Lebih lanjut, dikatakan Ika Lelu, begitu juga dengan teman-teman PWI kabupaten dan teman-teman wartawan yang ada di kabupaten Barito Timur sehingga acara ini dapat terlaksana. 
 
“Tentunya UKW ini kita ingin mencari peningkatan sumber daya manusia dari wartawan itu sendiri, kita ingin wartawan menjadi lebih profesional, apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin maju, maka diharapkan minimal wartawan menguasai teknologi,” harapnya.
 
Ika Lelu juga menjelaskan bahwa melalui UKW ini teman-teman bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan teknologi yang tepat guna dan tentunya muaranya terkait dengan kode etik jurnalistik dan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” jelasnya.
 
Diteruskan Ika Lelu, selain itu UKW ini lebih ditekankan pada PPRA atau Pedoman Pemberitaan Ramah Anak, agar teman-teman juga dapat mengetahui aturan-aturan itu sehingga berita di lapangan tidak bias yang dapat merugikan banyak orang itu tujuannya, ungkapnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Sekjen PWI Kalteng ini juga mengapresiasi kepengurusan PWI Kabupaten Barito Timur yang dinilai mampu menyelenggarakan kegiatan UKW.
 
“Mereka berani melaksanakan kegiatan UKW dan provinsi hanya melaksanakan saja tentunya yang merencanakan dan sebagainya adalah PWI Kabupaten. Kami mengapresiasi karena untuk melakukan kegiatan ini,” terangnya.
 
Ika Lelu juga mengakui untuk melaksanakan UKW tidak mudah dan banyak Kabupaten yang berebut untuk melakukan kegiatan ini.
 
“Akhirnya wartawan dan temen-temen PWI Kabupaten Barito Timur bisa melaksanakan, karena UKW ini sudah menjadi kebutuhan,” pungkasnya. (YCP/Red/BRP)

Pos terkait