Adanya IKN Nusantara Berdampak Positif Bagi Para Petani

Agus Basuki Ketua Gapoktan Balikpapan (Foto: Ist).

Dengan adanya IKN yang jelas kami masyarakat dari sisi positif bahwa infrastruktur itu semakin baik sehingga transportasi, bahan-bahan pangan, bahan-bahan hasil pertanian akan semakin baik dan akan semakin cepat, dengan demikian maka kerusakan hasil pertanian akibat transportasi yang panjang dan lama ini dapat di minimalkan.

Selanjutnya, Dengan banyaknya orang masuk ke Kalimantan Timur akan membawa dampak kebutuhan pangannya akan semakin besar. Dengan meningkatnya kebutuhan pangan yang jelas akan terjadi peningkatan harga produk-produk pertanian dan permintaan semakin besar.

Bacaan Lainnya

“Menghadapi hal tersebut tentunya kami akan mempersiapkan semuanya itu melalui upaya-upaya bersama pemerintah bagaimana mempersiapkan kebutuhan pangan bagi masyarakat yang ada di IKN,” ucapnya.

Selain itu, selaku masyarakat Tani di wilayah Kalimantan Timur warga sangat mendukung IKN. Tentunya warga berharap kegiatan IKN bisa berlangsung sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan oleh pemerintah, supaya percepatan-percepatan itu bisa terwujud dan masyarakat pun akan menikmati dampak positif dari adanya IKN.

“Seperti harapan kami beberapa tahun yang lalu akan dibangunnya jalan Tol Balikpapan-Samarinda kami pun mendukung karena itu akan mempercepat transportasi bagi pengangkutan hasil-hasil pertanian. Anggota kami sekitar 1.800 petani yang bergerak di berbagai bidang usaha, ada sektor perkebunan, tanaman pangan, hortikultura dan peternakan termasuk perikanan,” Pungkasnya.(BRP).

Pos terkait