Refleksi Akhir Tahun 2022, Banggar DPR RI: Transformasi Struktural Jadi Kunci Utama Kebangkitan Ekonomi

Anggota Banggar DPR RI Drs. H. Mukhtarudin (Foto: Ist)

Anggota Banggar DPR RI ini mengatakan mempercepat transformasi struktural menjadi penting dilakukan, mengingat transformasi struktural erat kaitannya dengan perubahan struktur ekonomi negara dari berbasis agraris menjadi industri, dan menjadi berbasis sektor jasa.

Kata Mukhtarudin jika regulasi, kualitas institusi rendah, infrastruktur yang kurang memadai, kebijakan fiskal, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum kompetitif tersebut maka akan menjadi persoalan-persoalan yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini berharap transformasi struktural menjadi kunci utama agar dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi negara yang pada akhirnya mengubah status ekonomi dari negara berkembang menjadi negara maju.

“Untuk memaksimalkan potensi ekonomi pada sektor-sektor prioritas, maka kebijakan pemerintah mendatang mestinya diarahkan pada peningkatan produktivitas dan daya saing manufaktur ekspor, serta penguatan industri hulu yang strategis,” imbuh Mukhtarudin.

Pos terkait