Refleksi Akhir Tahun 2022, Banggar DPR RI: Transformasi Struktural Jadi Kunci Utama Kebangkitan Ekonomi

Anggota Banggar DPR RI Drs. H. Mukhtarudin (Foto: Ist)

Selanjutnya tantangan keempat, yakni tantangan yang berasal dari international trade dan diplomasi. Agus Gumiwang memberi contoh ihwal perkara nikel yang kalah dalam gugatan World Trade Organization atau WTO. Namun, dia menegaskan bahwa pemerintah mengajukan banding dan hilirisasi nikel tidak akan berhenti.

“Kita akan tetap jalan sebagai negara berdaulat,” ucap Agus Gumiwang.

Bacaan Lainnya

Menperin mengatakan bahwa saat ini Kementerian Perindustrian sedang fokus pada tiga sektor hilirisasi industri manufaktur. Ketiga fokus tersebut, yakni sektor agro industri, sektor bahan tambang dan mineral, serta sektor yang berbasis migas dan batu bara.

Agus pun menyebut kontribusi sektor industri manufaktur terhadap PDB nasional terus meningkat. Nilai ekspor manufaktur tercatat mencapai 70,81 persen dari nilai ekspor nasional secara keseluruhan.

Agus juga menegaskan transformasi struktural menjadi penting terus dilakukan di tahun 2023 mendatang.

“Transformasi struktural ini berkaitan dengan cara kita agar semua kebijakan mengarah pada penciptaan nilai tambah di Indonesia. Oleh sebab itu kebijakan yang secara konsisten terus menerus didorong Presiden Jokowi adalah hilirisasi,” kata Agus Gumiwang dalam Outlook Ekonomi Indonesia 2023 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022, lalu. (BRP)

Pos terkait